Abdel
Blog Universitas Komputer Indonesia

Penyebab Mahasiswa Susah Tidur

Penyebab Mahasiswa Susah Tidur
Tidur yang cukup bisa dianggap barang mahal, terlebih bagi Anda yang memiliki jadwal yang sangat padat setiap harinya. Belum lagi bagi Anda yang dituntut untuk lembur, tidur yang berkualitas kadang sangat sulit untuk diperoleh.
 
Ketika sudah tiba waktunya untuk tidur, tidak jarang kita merasa sulit untuk memulai tidur. Nah, bagaimana cara mengatasi susah tidur? Untuk menanganinya, Anda harus memperhatikan faktor penyebab Anda sulit tidur. Yuk, kita kenali penyebab susah tidur dan cara mengatasinya berikut!
 
Penyebab Susah Tidur
 
Sulit tidur sering disebut sebagai insomnia. Namun ternyata, insomnia sendiri memiliki arti lebih dari itu. Insomnia merupakan suatu kondisi saat seseorang sulit untuk memulai tidur, sulit untuk tetap tidur atau bangun terlalu cepat, dan sulit untuk kembali tidur. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan Anda mengalami insomnia, di antaranya:
 
Stres
 
Kondisi stres yang Anda alami dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas tidur Anda. Saat stres, pikiran Anda akan tetap aktif pada malam hari, sehingga membuat Anda sulit tidur. Bila ingin mudah tidur bacalah doa malam sebelum tidur kristen.
 
Jadwal yang Padat
 
Ritme sirkadian yang merupakan jam internal di dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh siklus tidur-bangun, metabolisme, dan suhu tubuh Anda. Jika kondisi ini terganggu, salah satunya karena jadwal yang terlalu padat, waktu tidur Anda dapat terganggu.
 
 
Kebiasaan Tidur yang Buruk
 
Kebiasaan tidur yang buruk adalah waktu tidur yang tidak teratur. Banyak aktivitas sebelum tidur, bekerja, makan, dan menonton di tempat tidur dapat membuat Anda sulit untuk tidur. Solusi susah tidur adalah menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.
 
Makan Terlalu Banyak Menjelang Tidur
 
Tidak salah jika Anda ingin konsumsi camilan ringan sebelum tidur. Namun, tidak disarankan untuk makan terlalu banyak karena akan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika Anda berbaring, terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakit maag. Sebaiknya, beri jarak makan 2 jam sebelum berbaring agar asam lambung tidak naik.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 22 Juni 21 - 10:28 WIB
Dalam Kategori : TIDUR, INFO, GAYA HIDUP
Dibaca sebanyak : 33 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback